Laman

Selasa, November 09, 2010

Ternyata hidupnya laron itu lama.



  1. Ternyata hidupnya laron itu lama.
    Pada saat solat magrib pada hari Senin 8 November 2010 udara terasa sangat  dingin, Sisa gerimis tadi sore masih tampak, Langit pun masih terlihat kaku kelabu. Dari kejauhan terlihat sekawanan hewan kecil yang bersayap berterbangan  tiba-tiba datang menghampiri lampu-lampu yang memberi cahaya di musola. Pada saat  kami selesai solat beribu-ribu  laron berbodong-bondong mengerubungi lampu musola, maklum saja sekarang kan musim hujan, ditambah lagi musola kami terbuka dan sekitarnya adalah kebun dan sawah.  Kontan saja anak-anak lansung pada ribut, tertawa renyah menggapai-gapai mahluk ringkih yang berterbangan dan berjatuhan tepat di atas mereka.
    Saya dari dulu penasaran sebenarnya laron dari apa?, banyak yang bilang juga kalau laron itu hidupnya hanya singkat, bahkan ada lagu nasid yang dilantunkan fatih mengatakan kalau laron itu hidupnya cuman sehari. Dari pada penasaran maka langsung saja saya berselancar di internet mencari data, alhasil saya mendapatkan berbagai info tentang laron.  
    Ternyata Laron itu diterbangkan oleh koloni rayap 2 kali dalam setahun dalam keadaan udara yang agak hangat dan angin yang tidak terlalu kencang dan serinnya adalah pada saat musim hujan. Hal dilakukan untuk meningkatkan harapan hidup laron terhadap gangguan alam dan tentunyabanyak kayu yang lapuk yang bisa dijadikan makanan.
    Yang membuat saya terkejut adalah,ternyata laron itu hidupnya lama, tidak singkat seperti yang saya kira dan mungkin teman-teman kira. Memang sih laron mempunyai sayap dan bisa terbang hanya cukup singkat. Akan tetapi tujuan laron terbang adalah untuk memperluas jangkauan koloni rayap. Tujuan laron datang pada lampu untuk mencari pasangannya. Setelah mereka menemukan pasangannya, maka mereka akan memutuskan sayap mereka dan akan berjalan beriringan mencari celah di tanah atau di bangunan untuk membentuk koloni baru. Jadi laron yang telah memutuskan sayapnya dan telah menemukan pasangannya akan menjadi Raja dan Ratu dikoloni rayap yang baru. Dan ternyata Ratu rayap dan raja rayap dapat hidup sampai dengan 20 tahun bahkan lebih. Jadi umur laron itu kalo hihitung-hitung sangat lamaaaaa, Untuk lebih jelasnya silahkan lihat dan perhatikan gambar ini
     










Tidak ada komentar: